Wednesday, May 28, 2008

Mencari tema dalam menulis

"Malam ini saya sebenarnya pengen nulis banyak, tapi gak tau mo nulis apa". sering kali ucapan kek gitu terbersit dalam benak kita.

sebenarnya, Setiap jam, menit bahkan detik, ada ide dan judul baru dalam pikiran kita. Temanya juga bermacam2 banget, yang semuanya itu sebenarnya menarik untuk disajikan. Namun, kadang2 kita lupa ketika kita sudah siap didepan mesin ketik. Hmmm…. Dari obrolan kita keseharian atau sekedar mendengar dari kawan2 kita yang lagi ngobrol sering juga kita menemukan tema yang sangat menarik untuk dibahas, yang semua itu tadi sering hilang begitu saja.

Lalu apa sebenarnya yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Ada baiknya kita selalu sediakan alat tulis yang dibawa kemana2 sehingga setiap kali kita menemukan sebuah tema yang menarik untuk dimainkan dimesin ketik langsung kita tulis, bisa juga kita membawa laptop. Ada juga yang lebih ringkas dan praktis, setiap kali kita menemukan pokok bahasan atau kata2 menarik untuk disajikan langsung kita tulis di handphone.

Dulu saya pernah mencoba menuliskan setiap mimpi dalam tidur saya, namun sayangnya saya ini sering lupa dengan mimpi saya, sehingga alur ceritanya sering mbulet.hehehe

Ternyata mimpi juga sumber ide untuk tema menulis, cerpen, puisi, bahkan novel sekalipun.

Paling tidak kita dapat ide hari ini untuk menulis.

Seperti ini juga contohnya, hehehe

Share:

0 komentar: